Jobdesk Mks Bank Mandiri Tugas dan Tanggung Jawab Lengkap

MKS atau Manajemen Kontrol Syariah merupakan bagian yang sangat penting dari sistem perbankan syariah. Di Bank Mandiri Syariah, MKS termasuk dalam salah satu unit kerjanya.

Oleh karena itu, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui secara detail tentang apa itu Jobdesk MKS Bank Mandiri dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh para pegawainya. Dalam blog post kali ini, saya akan membahas secara komprehensif tentang Jobdesk MKS Bank Mandiri.

1. Pengertian Jobdesk MKS Bank Mandiri

Jobdesk MKS Bank Mandiri merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para pegawai di unit kerja MKS Bank Mandiri. Jobdesk ini meliputi urusan pengawasan kepatuhan syariah pada produk dan layanan yang diberikan oleh Bank Mandiri Syariah secara keseluruhan, karena MKS berperan sebagai pengendali dan penjaga kepatuhan dalam pelaksanaan produk dan layanan.

Jobdesk MKS Bank Mandiri meliputi tugas dan tanggung jawab dalam mengontrol dan memantau pelaksanaan kegiatan operasional sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang telah ditetapkan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan juga standar Bank Indonesia. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah ketika memperoleh produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip syariah.

2. Tanggung Jawab MKS Bank Mandiri

Bertanggung jawab untuk memberikan saran dan pendapat kepada manajemen, setidaknya setiap tiga tahun sekali mengenai Program Keikutsertaan MKS Bank Mandiri.

  • Mengawasi implementasi Program Keikutsertaan MKS Bank Mandiri, meninjau dan memantau kegiatan pada tingkat unit dan Kantor Cabang Bank.
  • Melakukan Audit Syariah rutin, review/analisis kepatuhan terhadap prinsip syariah, menyusun rekomendasi, serta mengeluarkan laporan hasil audit Syariah.
  • Menyusun, mengembangkan, dan melakukan pengkajian terhadap kebijakan dan regulasi yang berhubungan dengan aspek MKS, dan menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen, unit syariah/pemroses syariah, dan pihak internal/eksternal.
  • Memberikan saran dan rekomendasi terkait pelaksanaan produk syariah dan marketing syariah, sehingga produk dan jasa yang tersedia lebih sesuai dengan prinsip syariah, serta dapat menjadi solusi bagi kebutuhan nasabah yang sesuai dengan prinsip syariah.
  • Melakukan evaluasi atas pengendalian intern yang dilakukan oleh unit-unit Bank dan memberikan rekomendasi bagi perbaikan yang perlu dilakukan.
  • Melaksanakan penelitian dan pemantauan terhadap perkembangan produk syariah dan regulasinya, serta memperbarui kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan aspek MKS, menyiapkan panduan/pedoman pelaksanaan untuk unit syariah/pemroses syariah.
  • Melakukan hubungan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka meningkatkan pengetahuan syariah dan kegiatan syariah pada Bank.
  • Membuat dan menyusun Laporan Audit Syariah Tahunan MKS.

3. Kualifikasi PegawaiMKSBank Mandiri

Pegawai yang bertugas di MKS Bank Mandiri membutuhkan kualifikasi khusus agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Berikut adalah beberapa kualifikasi yang dibutuhkan oleh pegawai MKS Bank Mandiri:

  • Memiliki latar belakang pendidikan S1/S2 jurusan ekonomi atau hukum Islam dari perguruan tinggi terakreditasi.
  • Mempunyai pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang yang sama atau minimal 5 tahun dalam bidang audit dan pengendalian intern.
  • Menguasai aspek-aspek teknis syariah, produk dan jasa syariah, kebijakan dan regulasi syariah, serta aturan dan dasar-dasar pengawasan industri perbankan syariah.
  • Menguasai aspek audit, pengendalian intern, dan tata kelola perusahaan.
  • Menguasai bahasa Inggris secara aktif.

4. Prosedur Kerja MKS Bank Mandiri

Prosedur kerja MKS Bank Mandiri diatur oleh divisi MKS Bank Mandiri dan disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab yang tertera dalam Jobdesk MKS Bank Mandiri. Berikut adalah beberapa prosedur kerja yang dilakukan oleh MKS Bank Mandiri:

    • Melakukan Audit Syariah Rutin

Sebagian besar pekerjaan di MKS Bank Mandiri akan berfokus pada audit syariah rutin dan evaluasi kepatuhan terhadap prinsip syariah. Audit Syariah dilakukan sesuai dengan jadwal dan tujuan yang telah ditetapkan, dengan pengawasan dan bimbingan langsung dari DPS.

    • Melaksanakan Penelitian dan Pemantauan Produk Syariah

MKS Bank Mandiri harus selalu memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk dan jasa syariah yang tersedia di pasar, dan memantau dengan cermat faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasar tersebut. Staf MKS Bank Mandiri dapat mengadakan penelitian dan pemantauan eksternal untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang produk syariah secara menyeluruh, dan menyelaraskan perencanaan dan tindakan dengan rencana bisnis bank yang disahkan.

    • Meningkatkan Komunikasi dengan Unit Kegiatan Syariah

MKS Bank Mandiri harus selalu terhubung dengan unit kegiatan syariah dan pemroses syariah, tentu saja dalam upaya untuk memastikan produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip syariah sesuai dengan peraturan dan standard yang berlaku. Tim MKS Bank Mandiri perlu menerapkan prosedur pengawasan, pemantauan, dan pelaporan untuk menjaga kualitas produk dan layanan Bank Mandiri Syariah.

    • Meningkatkan Keterampilan

Staf MKS Bank Mandiri perlu mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak Bank Mandiri Syariah serta lembaga-lembaga lain yang berkompeten dalam bidang kepatuhan syariah dan audit. Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang bidang spesialisasi, tetapi juga meningkatkan keterampilan dalam melakukan audit, penyusunan laporan, dan mengarahkan komunikasi.

5. Produk dan Layanan Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah menawarkan berbagai produk dan layanan syariah untuk memenuhi kebutuhan nasabah, mulai dari pembiayaan, tabungan, deposito syariah, dan kartu kredit syariah. Produk-produk ini dikembangkan dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah dan kebutuhan nasabah. Berikut adalah beberapa produk dan layanan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri Syariah:

  • Pembiayaan Syariah – berbagai jenis pembiayaan syariah yang sesuai dengan prinsip syariah seperti Fikih, Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, dan Taawun. Pembiayaan ini dilakukan dengan menggunakan skema pembiayaan produk dan layanan yang lebih mudah dan terjangkau.
  • Tabungan Syariah – Tabungan Syariah tangguh di Bank Mandiri Syariah membantu anda menyimpan uang dengan aman, cepat dan mudah. Ketersediaan saldo merupakan sumber dana untuk pengembangan usaha dan Investment Account Syariah untuk investasi yang menguntungkan.
  • Deposito Syariah – Deposito Syariah di Bank Mandiri Syariah menawarkan tingkat bunga yang kompetitif dengan jangka waktu yang fleksibel dan beragam.
  • Kartu Kredit Syariah – Kartu Kredit Syariah memungkinkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbulannya dengan cara yang lebih mudah dan lebih terencana. Nikmati fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit Syariah, seperti tarif bunga rendah, diskon, dan cashback.

6. Pentingnya Jobdesk MKS Bank Mandiri

Dalam memastikan produk dan layanan Bank Mandiri Syariah sesuai dengan prinsip syariah dan regulasi, MKS Bank Mandiri sangat penting. Di MKS Bank Mandiri, para pegawai bertanggung jawab untuk mengawasi kepatuhan terhadap prinsip syariah dan standar Bank Indonesia. Dalam proses ini, MKS Bank Mandiri memainkan peran penting dalam menjaga kepercayaan nasabah dan meningkatkan kualitas produk dan layanan Bank Mandiri Syariah.

Dalam hal menyusun strategi bisnis, MKS Bank Mandiri memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana Bank Mandiri Syariah beroperasi. MKS Bank Mandiri membantu pengembangan produk dan layanan baru, termasuk kelayakan produk dan layanan syariah, pemasaran syariah, dan pengembangan digital. MKS Bank Mandiri juga membantu menentukan prioritas dan resourcing, termasuk prosedur dan proses operasional.

7. Kesimpulan

Dalam rangka memastikan produk dan layanan Bank Mandiri Syariah sesuai dengan prinsip syariah dan regulasi, MKS Bank Mandiri memegang peran penting. Para pegawai yang bertugas di MKS Bank Mandiri bertanggung jawab memantau kualitas produk dan layanan yang berhubungan dengan aspek syariah dan regulasi, serta meningkatkan kualitas layanan Bank Mandiri Syariah.

Melalui blog post ini, kita telah membahas secara komprehensif tentang Jobdesk MKS Bank Mandiri dan juga peran serta pentingnya dalam menjaga kepercayaan nasabah dan meningkatkan kualitas produk dan layanan Bank Mandiri Syariah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply