Tips dan Contoh Laporan Study Tour Terbaru

Contoh Laporan Study Tour adalah laporan penting dalam setiap perjalanan studi. Hal ini penting untuk dipersiapkan dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana membuat laporan studi tour yang efektif dan profesional.

1. Pendahuluan

Setiap laporan studi tour harus dimulai dengan bagian pendahuluan yang mencakup tujuan dan latar belakang perjalanan. Dalam bagian ini, tuliskan mengapa perjalanan tersebut dilakukan dan apa yang diharapkan dari perjalanan tersebut.

Terdapat beberapa hal penting yang harus dituliskan di dalam bagian pendahuluan, adanya perkenalan dengan institusi yang dikunjungi, memaparkan tujuan serta manfaat studi tour dan memberikan ringkasan dari kegiatan yang telah dilakukan selama perjalanan.

2. Tujuan

Setelah bagian pendahuluan, tuliskan tentang tujuan dari perjalanan studi tour tersebut. Apa yang ingin di capai dari perjalanan tersebut dan manfaat apa yang dapat di dapatkan. Terdapat beberapa hal yang harus di tuju dari perjalanan tersebut seperti memeriksa item tertentu, belajar tentang prakira cuaca setempat,dll.

3. Rincian Itinerary

Bagian ini mencakup rincian itinerari yang diambil selama perjalanan. Tuliskan setiap kegiatan beserta waktu dan lokasinya. Sebaiknya dilakukan lebih detail, termasuk jadwalnya serta lokasi yang dikunjungi agar mudah di pahami.

4. Kegiatan yang Dilakukan

Setelah itu, tuliskan detail tentang kegiatan yang dilakukan selama perjalanan studi tour. Apa yang telah dilakukan di setiap tempat serta apapun yang di dapatkan dari kegiatan tersebut. Tuliskan dengan jelas mengenai kegiatan yang dilakukan dan dampak yang di dapatkan dari setiap kegiatan tersebut.

5. Hasil dan Temuan

Setelah melakukan berbagai kegiatan, lanjutkan laporan dengan menyajikan hasil dan temuan yang didapatkan selama perjalanan studi. Dalam hal ini, jenis temuan dapat bermacam-macam, tergantung pada tujuan studi, misalnya temuan sosial, ekonomi, lingkungan, dll. Hasil tersebut dapat diambil berdasarkan pengamatan, observasi atau pun wawancara.

6. Saran

Saran di sini merupakan kesimpulan laporannya. Tuliskan saran dan rekomendasi yang didapatkan setelah melaksanakan perjalanan studi. Saran harus memberikan solusi dari masalah yang ditemukan saat pelaksanaan studi tour, sebaiknya berdasarkan hasil temuan yang di dapatkan. Saran yang diberikan harus realistis dan berbasis data yang lengkap.

7. Lampiran

Lampiran berisi foto-foto dan berkas tambahan lainnya yang didapatkan selama perjalanan studi. Biasanya, di sini berisi foto-foto atau video yang menunjukkan kegiatan dan pengalaman selama perjalanan studi tour, serta sertifikat keikutsertaan.

8. Referensi

Referensi adalah catatan yang memuat sumber-sumber rujukan yang digunakan dalam laporan studi tour. Sebagai laporan yang bersifat ilmiah, jangan lupa untuk mencantumkan sumber-sumber rujukan yang digunakan dalam laporan ini.

9. Kesimpulan

Kesimpulan membahas tentang apa yang di lakukan pada perjalanan dan apa saja hasil yang di dapatkan dari perjalanan tersebut. Sebaiknya mencakup tentang bagaimana dampak dari perjalanan dan apa yang bisa di lakukan selanjutnya.

10. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Contoh Laporan Study Tour? Contoh laporan study tour adalah laporan yang dibuat setelah melakukan perjalanan study tour. Laporan ini memuat hasil studi dan pengalaman selama perjalanan tersebut.
Apa saja yang harus di tulis di Laporan Study Tour? Setiap laporan studi tour harus mencakup pendahuluan, tujuan, rincian itinerary, kegiatan yang dilakukan, hasil dan temuan, saran, lampiran, referensi, dan kesimpulan.
Bagaimana cara membuat Laporan Study Tour yang efektif? Membuat laporan studi tour yang efektif harus dipersiapkan dengan baik. Mulailah dengan mencatat detail setiap aktivitas yang telah dilakukan, mencatat temuan dan hasil studi, serta memberikan saran yang dianggap penting.
Berapa panjang Laporan Study Tour? Tidak ada aturan yang pasti mengenai ukuran laporan studi tour. Namun, lebih baik jika tulisan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, berukuran 8 – 10 halaman.

Membuat Contoh Laporan Study Tour yang efektif dan profesional memerlukan persiapan dan pengalaman. Meskipun Anda perlu mengikuti pedoman di atas, namun gunakan kata-kata yang ringkas dan padat. Jangan lupa, sertakan foto dan berkas yang mendukung laporan studi tour. Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat laporan studi tour yang efektif.

Leave a Reply