Cara Mengecek Bpjs Masih Aktif Atau Tidak

BPJS Kesehatan telah menjadi program nasional yang membawa manfaat yang luar biasa bagi seluruh rakyat Indonesia. Program ini memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh warga Indonesia.

Namun, agar mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, seseorang harus terdaftar dan membayar premi secara teratur. Banyak yang bertanya-tanya cara mengecek BPJS masih aktif atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek BPJS masih aktif atau tidak.

Cara Mengecek BPJS Masih Aktif Atau Tidak dengan Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile BPJS Kesehatan universal, dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store dan App Store. Setelah aplikasi diunduh, selanjutnya pengguna harus membuat akun dengan mengisi data pribadi mereka. Setelah akun dibuat, berikut ini langkah-langkah mengecek apakah BPJS masih aktif atau tidak:

1. Buka dan login ke aplikasi BPJS Kesehatan dengan akun yang sudah dibuat.
2. Pada halaman utama aplikasi, klik pada menu “Kartu BPJS”.
3. Cari dan klik pada “Lihat History User”.
4. Pada halaman ini, pengguna dapat melihat seluruh transaksi dan pembayaran BPJS Kesehatan mereka.
5. Pastikan status BPJS masih aktif dengan mencari tanggal terakhir pembayaran.

Jika BPJS masih aktif, pengguna dapat menggunakan BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Cara Mengecek BPJS Masih Aktif Atau Tidak Melalui SMS

Pengguna juga dapat mengecek BPJS mereka melalui SMS. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor BPJS 2757 dengan format: INFO (spasi) Nomor KTP. Kemudian pengguna akan menerima balasan dari BPJS Kesehatan yang berisi informasi tentang status BPJS mereka.

Penting untuk diingat bahwa SMS ini tidak dikenakan biaya oleh BPJS Kesehatan. Namun, biaya SMS tetap dibebankan oleh operator pengguna.

Cara Mengecek BPJS Masih Aktif Atau Tidak di Kantor BPJS

Selain melalui aplikasi mobile dan SMS, pengguna juga dapat memeriksa status BPJS mereka di Kantor BPJS terdekat. Caranya adalah dengan membawa kartu BPJS dan KTP, serta bukti pembayaran BPJS terakhir ke kantor BPJS. Di kantor tersebut, petugas akan memberikan informasi tentang status BPJS dan membantu jika ada masalah.

Selain itu, pemegang kartu BPJS juga dapat memperpanjang kartu BPJS dan membayar premi melalui kantor BPJS dalam waktu kurang dari 5 menit.

Cara Mengecek BPJS Masih Aktif Atau Tidak di Website BPJS

Selain melalui aplikasi mobile, SMS, dan kantor BPJS, pemegang kartu BPJS juga dapat memeriksa status BPJS mereka di website BPJS Kesehatan. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id).
2. Pilih opsi “Layanan Peserta” pada menu navigasi utama.
3. Klik “Layanan Online” untuk mengakses layanan online BPJS.
4. Pilih opsi “Info Peserta” lalu masukkan Nomor KTP dan Nomor Kartu BPJS.
5. Klik “Submit” dan pengguna akan segera mendapatkan informasi tentang status BPJS mereka.

Cara Mengecek BPJS Masih Aktif Atau Tidak dengan Menghubungi Call Center BPJS

Pengguna juga dapat menghubungi Call Center BPJS untuk mengetahui status BPJS mereka. Nomor call center BPJS Kesehatan adalah 1500400. Pastikan untuk memiliki nomor KTP dan Nomor Kartu BPJS saat menghubungi Call Center BPJS. Setelah itu, petugas BPJS akan memberikan informasi seputar status BPJS pengguna.

Penting untuk diingat bahwa ketika menghubungi Call Center BPJS, pengguna perlu menelepon dari nomor yang terdaftar di kartu BPJS.

Keuntungan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah program nasional yang memberikan banyak manfaat bagi seluruh warga Indonesia. Keuntungan dari BPJS Kesehatan antara lain:

1. Biaya kesehatan yang terjangkau
Dalam BPJS Kesehatan, biaya kesehatan sudah ditetapkan dan terjangkau untuk masyarakat. Dalam program ini, semua jenis pelayanan kesehatan disubsidi oleh pemerintah atau dilakukan dengan harga yang lebih rendah daripada biaya konvensional.

2. Kepesertaan yang luas
BPJS Kesehatan mencakup hampir seluruh penduduk Indonesia, termasuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Pekerja Penerima Upah (PPU), dan Keluarga Penerima Bantuan Iuran (KPBI).

3. Layanan kesehatan yang komprehensif
BPJS Kesehatan memberikan akses ke layanan kesehatan yang komprehensif bagi seluruh peserta. Layanan tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan, rawat inap, rawat jalan, dan obat-obatan.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan adalah program nasional yang memberikan banyak manfaat bagi seluruh warga Indonesia. Program ini memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Namun, seseorang harus terdaftar dan membayar premi secara teratur untuk mendapatkan layanan tersebut.

Untuk mengecek apakah BPJS masih aktif atau tidak, seseorang dapat menggunakan aplikasi mobile, SMS, kantor BPJS, website BPJS, atau menghubungi Call Center BPJS.

Manfaat dari BPJS Kesehatan termasuk biaya kesehatan yang terjangkau, kepeshertaan yang luas, dan layanan kesehatan yang komprehensif. Mari kita pergunakan BPJS Kesehatan dengan bijak dan teratur membayar premi bagi kesehatan yang lebih baik.

Leave a Reply