Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Ada berbagai Cara Memperkecil Ukuran Video di Android, baik dengan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi android. Memiliki video yang besar dapat menyebabkan masalah penyimpanan pada perangkat Android Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkecil ukuran video di Android.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan yang mudah diikuti untuk memperkecil ukuran video di Android dengan menggunakan aplikasi pengompres video, mengubah format video, mengurangi resolusi video, menghapus audio dari video, dan menghapus bagian yang tidak diperlukan dari video.

Tanpa perlu membuang kualitas video yang baik, Anda dapat dengan mudah menyimpan lebih banyak video favorit Anda di perangkat Android Anda.

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami masalah dengan penyimpanan ponsel yang penuh karena video yang terlalu besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa cara untuk mengecilkan ukuran video di perangkat Android Anda.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Salah satu cara paling mudah untuk mengecilkan ukuran video di Android adalah tanpa menggunakan aplikasi, dimana kalian dapat menggunakan trik-trik mudah yang ada di android kalian.

Mengubah Format Video

Anda juga dapat mengecilkan ukuran video dengan mengubah format video. Beberapa format video, seperti MP4, memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi dibandingkan format lain, sehingga akan mengecilkan ukuran file. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Video Converter Android untuk mengubah format video.

Mengurangi Resolusi Video

Anda dapat mengecilkan ukuran video dengan mengurangi resolusi video. Resolusi video yang lebih rendah akan memiliki ukuran file yang lebih kecil. Anda dapat mengubah resolusi video menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster atau Powerdirector.

Menghapus Audio dari Video

Jika Anda tidak memerlukan audio dalam video, Anda dapat menghapus audio dari video untuk mengecilkan ukuran file. Anda dapat menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster atau Powerdirector untuk menghapus audio dari video.

Menghapus Bagian yang tidak diperlukan

Jika video terlalu panjang dan terdapat bagian yang tidak diperlukan, Anda dapat menghapus bagian tersebut untuk mengecilkan ukuran file. Anda dapat menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster atau Powerdirector untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan dari video.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Dengan Aplikasi

Untuk memperkecil ukuran video di perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pengompres video. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan, seperti:

Video Compress

Video Compress: Ini adalah aplikasi yang cukup populer dan mudah digunakan. Anda dapat memilih video yang ingin dikompres dan mengatur tingkat kompresi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kompresi dengan detail dan dapat mengecilkan ukuran video hingga 90%.

Video Smaller

Video Smaller: Aplikasi ini juga mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengatur kualitas video yang diinginkan sebelum melakukan kompresi.

Video Converter Android

Video Converter Android : Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengonversi video ke format yang berbeda dan juga mengatur tingkat kompresi.

Video Compressor

Video Compressor : Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengkompres file video dengan berbagai kualitas video dan juga dapat mengkompres video tanpa menurunkan kualitas video.

Semua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store. Namun, beberapa aplikasi dapat meminta akses atau izin yang tidak diperlukan seperti izin akses root, anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Dalam kesimpulan, Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan ukuran video di Android, dari menggunakan aplikasi pengompres video, mengubah format video, mengurangi resolusi video, menghapus audio dari video, atau menghapus bagian yang tidak diperlukan dari video. Namun, perlu diingat bahwa semakin kecil ukuran file video, kualitas video juga akan menurun. Oleh karena itu, pastikan untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara ukuran file dan kualitas video.

Ingat juga untuk selalu membackup video asli sebelum melakukan perubahan atau kompresi, jika terjadi masalah atau kesalahan. Selain itu, sangat penting untuk menjaga privasi dan keamanan data Anda dengan menjaga aplikasi yang digunakan untuk kompresi video terpercaya dan tidak memberikan izin yang tidak diperlukan.

Leave a Reply