Tutorial Cara Cek Imei Iphone Terdaftar Atau Tidak

Apakah Anda tahu bahwa setiap iPhone yang diproduksi memiliki nomor seri yang unik? Nomor seri itu dinamakan IMEI atau International Mobile Equipment Identity, yang membedakan antara satu iPhone dengan yang lainnya.

Namun, apa artinya IMEI bagi Anda sebagai pengguna iPhone? Anda perlu tahu bahwa IMEI adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa iPhone Anda adalah asli dan bukan barang palsu. Lebih jauh lagi, dengan IMEI, Anda pun bisa mengecek apakah iPhone Anda sudah terdaftar atau tidak. Kiranya menarik, bukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu IMEI iPhone?

IMEI merupakan nomor unik yang diberikan oleh produsen perangkat seluler seperti Apple, Samsung, dan lainnya. Nomor tersebut memiliki sebelas hingga lima belas digit yang mencakup informasi seperti negara asal, produsen, tipe perangkat, dan urutan nomor seri yang khusus untuk setiap perangkat.

Khusus untuk iPhone, Anda bisa mencari nomor IMEI pada bagian belakang perangkat atau di bawah tempat SIM Card berada.

Kenapa IMEI sangat diperlukan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IMEI merupakan jaminan asli atau palsunya sebuah perangkat seluler. Oleh karena itu, IMEI sangat penting untuk memastikan keamanan Anda sebagai pengguna.

Apabila sebuah iPhone tidak terdaftar pada database resmi, berarti iPhone tersebut kemungkinan besar adalah barang bajakan atau impor ilegal. Oleh karena itu, pastikan bahwa iPhone Anda sudah terdaftar pada database resmi. Berikut cara ceknya.

Cara Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

Untuk mengecek apakah iPhone Anda sudah terdaftar atau tidak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama, pastikan Anda sudah mendapatkan nomor IMEI yang tertera pada iPhone Anda.

2. Lanjut, buka aplikasi Phone dan ketik *#06# pada keyboard.

3. Akan muncul nomor IMEI yang terdiri dari beberapa angka. Catat nomor tersebut atau ambil screenshot untuk kemudian disimpan di galeri foto.

4. Setelah mendapatkan IMEI, buka website cekimei.com atau imchecker.net pada perangkat lain seperti laptop atau komputer.

5. Masukan nomor IMEI pada kolom yang disediakan dan klik “Check”.

6. Tunggu beberapa saat hingga website menampilkan data mengenai iPhone Anda.

7. Jika iPhone Anda sudah terdaftar, akan muncul informasi seperti model iPhone, tanggal produksi, dan lain-lain.

8. Jika sebaliknya, ada kemungkinan iPhone Anda adalah barang bajakan atau impor ilegal. Selanjutnya, seleksi pergi ke tukang service resmi Apple agar iPhone Anda dapat dicek secara lebih lengkap.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Cek IMEI?

Setelah mengecek nomor IMEI iPhone Anda, Anda perlu memastikan bahwa informasi yang ditampilkan adalah benar dan valid. Hal ini penting dilakukan agar iPhone Anda aman dan tidak rentan dioplos atau diganti dengan suku cadang yang tidak asli. Jangan lupa untuk melakukan backup data secara berkala agar informasi penting atau data penting seperti foto, dokumen, atau aplikasi penting tidak tersentuh.

Tidak Ada Nomor IMEI pada iPhone

Jika tidak bisa menemukan IMEI pada iPhone Anda, Anda harus memastikan bahwa iPhone Anda asli. Kebanyakan barang bajakan atau impor ilegal tidak mempunyai nomor IMEI yang valid. Jangan lupa untuk membeli iPhone dari toko resmi atau tempat yang menjual perangkat seluler dengan jaminan resmi.

Kesimpulan

Sekarang, Anda tahu bahwa IMEI sangat penting dalam memastikan keamanan iPhone Anda, bukan? Dengan mengecek nomor IMEI, Anda pun bisa mengetahui apakah iPhone Anda sudah terdaftar atau belum pada database resmi.

Pastikan Anda membeli iPhone dari toko resmi atau tempat yang terpercaya untuk menghindari iPhone palsu atau impor ilegal. Jangan lupa untuk mencatat nomor IMEI pada iPhone Anda dan melakukan backup data secara berkala. Semoga informasi di atas bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply