Bagian Bagian Kamera Dan Fungsinya

Apa saja bagian-bagian yang terdapat pada kamera? - Ilmu Fotografi
Bagian Bagian Kamera Dan Fungsinya

Pengantar

Tahukah Anda bahwa kamera digital adalah alat yang luar biasa kompleks? Apa pun jenis model yang sedang Anda gunakan saat ini, Anda dapat meyakini bahwa kamera tempat Anda berfokus adalah sebuah mesin yang mendalam. Dari lensa hingga sensor, terdapat banyak bagian yang berfungsi untuk membuat gambar atas nama Anda. Dalam artikel ini, mari kita lihat bagian-bagian kamera digital dan lihat bagaimana masing-masing bagian bertanggung jawab dalam membuat foto yang luar biasa.

Lensa

Lensa adalah bagian paling penting dari kamera Anda. Lensa adalah sebuah perangkat optik yang digunakan untuk menangkap cahaya dan memfokuskannya pada permukaan sensor untuk menghasilkan gambar. Tergantung pada jenis lensa yang Anda pilih, fokus dapat bergerak dari obyek yang jauh hingga ke yang dekat. Kamera DSLR biasanya dapat menangkap miliaran warna. Jika lensa kamera Anda tersedia dengan banyak fitur kreatif, termasuk pengaturan depth of field (DOF) dan mampu menangkap sudut pandang yang lebih luas, maka Anda dapat membuat foto yang lebih menarik.

Shift Lensa

Shift lensa adalah satu fitur lensa khusus yang dapat memindahkan lensa secara vertikal atau horizontal. Lensa ini biasanya digunakan untuk menggambarkan bentuk yang rumit dari sudut pandang yang berbeda. Fitur ini juga digunakan untuk memotret obyek yang berukuran besar dengan lebih efisien. Jika Anda pernah menyaksikan gambar yang diimbangi tepat pada tepi atas atau bawah, hitunglah bahwa fotografer itu menggunakan lensa shift.

Antena

Antena adalah bagian dari kamera yang berfungsi untuk menerima sinyal elektronik untuk memicu flash strobe. Antena juga dapat digunakan untuk mengirimkan informasi ke komputer atau layar sebagai bagian dari pengontrolan jarak jauh. Antena juga dapat digunakan untuk menghubungkan pengakses jarak jauh atau pemancar jarak jauh.

Viewfinder

Viewfinder adalah sebuah layar LCD yang ditempatkan di luar kamera. Ini berfungsi sebagai tempat dimana Anda dapat melihat hasil dari gambar dan mengatur berbagai pengaturan lainnya. Viewfinder biasanya berukuran lebih kecil daripada layar utama di mana Anda dapat menonton obyek dengan lebih jelas. Hal ini membantu Anda untuk mengambil gambar secara akurat, karena memungkinkan Anda untuk memeriksa komposisi gambar sebelum mengambil gambar.

Shutter

Shutter adalah bagian yang menutup dan membuka ruang sensor pada waktu yang tepat. Selama sesi pemotretan, shutter akan membuka dan menutup cahaya yang masuk pada sensor selama waktu yang telah ditentukan. Kecepatan shutter ditentukan oleh mekanisme obturator. Semakin cepat shutter dibuka dan ditutup, semakin kecil cahaya yang masuk dan semakin gelap yang akan Anda dapatkan. Ini juga memengaruhi jumlah kontras yang tercipta.

Aperture

Aperture adalah pengaturan di mana Anda dapat mengganti ketajaman di antara waktu pemotretan. Ini juga disebut sebagai setting DOF (Depth of Field). Aperture dapat berbagai ukuran, berasal dari f/2 hingga f/32. Semakin besar lubang yang Anda gunakan, lebih dekat dan lebih jelas gambar Anda akan menjadi. Sedangkan dengan menggunakan lubang yang lebih kecil, Anda akan mendapatkan lebih banyak DOF. Berbagai jenis situasi membutuhkan setting aperture yang berbeda.

Sensor

Sensor adalah bagian paling penting dari kamera digital. Ini adalah tempat di mana cahaya biasanya dikonversi menjadi sinyal listrik dan ditangkap oleh kamera. Sensor digunakan untuk membedakan warna dan tekstur yang diterima oleh kamera, sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih akurat. Sensor foto juga mengatur permukaan dan ukuran gambar Anda. Sensor penting bagi kamera digital, dan juga adalah bagian yang paling mahal.

LCD Monitor

LCD monitor adalah layar yang digunakan untuk menampilkan foto yang telah diambil. Layar ini memungkinkan Anda untuk meninjau sebuah gambar setelah pemotretan dan memastikan bahwa foto tersebut telah diambil dengan sempurna. LCD juga dapat digunakan untuk melihat rincian perangkat lain yang terhubung dengan kamera digital Anda, seperti kartu memori atau pengakses jarak jauh.

Mode Dial

Mode dial adalah dial yang berfungsi untuk mengubah mode pemotretan. Dial ini bisa diatur untuk mengubah pengaturan kamera untuk gambar sederhana seperti aperture, shutter speed atau exposure compensation. Mereka juga dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur kreatif seperti macro, landscape atau macam-macam lainnya. Kamera digital DSLR Anda biasanya memiliki mode dial yang lebih beragam.

Flash

Flash adalah salah satu bagian kamera yang digunakan untuk membuat area cahaya di sekitar objek yang dipotret. Flash dapat digunakan untuk membuat objek terlihat lebih jelas dan memastikan bahwa objek yang dipotret dapat terlihat dengan jelas. Flash dapat berupa strobe, pop-up, external atau internal. Ini adalah bagian yang penting dari kamera digital, yang dapat dengan mudah melimpahkan cahaya pada kaset yang dipilih.

Memori

Memori adalah perangkat kamera tempat Anda menyimpan gambar. Kamera biasanya memiliki slot

Leave a Reply